ACCURATE BUSINESS CENTER KEMAYORAN 

 

 

Telp. 021 - 2937 1464 / 65

Team Marketing
  •  Agus

          085 777 555 721 

          085 777 555 721

  •  Arika     ​

          0856 9482 1700

          0812 9493 0813

  •  Dewi 

          0878 7210 7373

          0813 5490 8290

  •  Raymond

          0856 9771 4094 

          0856 9771 4094

  •  Rizal

          0812 1383 4578 

          0857 1744 3233

 

 

 

Informasi
Produk Kami
Manual Book Accurate Online

Berita-berita - Dampak Online Shop Abal-Abal
  14 Jan 2019

Dampak Online Shop Abal-Abal Bagi Ranah E-Commerce Indonesia

Cermati! 5 Dampak Online Shop Abal-Abal Bagi Ranah E-Commerce Indonesia

Istilah OSAL (Online Shop Abal-Abal) memang belum terlalu familiar bagi masyarakat tanah air. OSAL bisa digunakan untuk mendefinisikan oknum penipu berkedok online shop. Meskipun bisnis e-commerce Indonesia terus berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, tak dapat dipungkiri bahwa OSAL masih sulit diberantas.

Kehadirannya tentu membawa pengaruh buruk bagi perkembangan online shop lainnya secara keseluruhan. Sebab membuat banyak orang segan untuk melakukan belanja online. Padahal pasar belanja daring di Indonesia sedang tinggi-tingginya.

Terbukti angka 2017 menunjukan jumlah transaksi online di Indonesia mencapai Rp 146 triliun. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan ada sekitar 26,2 juta pelaku bisnis online yang dihitung berdasarkan jumlah usahanya.

Angka yang cukup besar tersebut dimanfaatkan oleh beberapa oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan. OSAL terkadang tidak saja menyasar langsung ke konsumen. Melainkan mereka juga menyasar ke para pelaku-pelaku bisnis.

Bagaimana agar Anda terhindar dari OSAL? Berikut Antijobless paparkan ciri-ciri OSAL dan apa saja dampaknya bagi perkembangan bisnis online di Indonesia.

Mengenali Ciri-Ciri OSAL

Beberapa ciri OSAL berikut ini patut menjadi perhatian pelanggan sebelum berbelanja:

  • Menetapkan harga produk yang sangat murah (jauh di bawah standar harga).
  • Tidak pernah memasang testimoni pelanggan.
  • Bersikap agresif saat mempengaruhi pelanggan agar segera membeli.
  • Menggunakan domain gratis untuk membuat website
  • Berusaha berkomunikasi dengan pelanggan melalui sistem eksternal (jalur pribadi seperti whatsapp).
  • Mengajak pelanggan melakukan transaksi bisnis tanpa fasilitas rekening bersama.
  • Belum lama bergabung dengan marketplace (baru hitungan hari atau minggu). Karena akunnya selalu dibekukan setelah tertangkap basah menipu pelanggan.

Dampak OSAL Bagi Perkembangan E-Commerce Tanah Air

Kehadiran OSAL yang menjamur tentu membawa dampak negatif bagi perkembangan e-commerce di tanah air, yaitu:

Menurunkan Kepercayaan Calon Pelanggan

Calon pelanggan yang pernah memiliki pengalaman buruk dengan OSAL tentu mengalami krisis kepercayaan terhadap dunia e-commerce. Terutama bila pengalaman tersebut menimbulkan kerugian besar. Padahal, perkembangan e-commerce sangat membutuhkan kepercayaan dari pihak pelanggan.

Sehingga transaksi bisnis bisa berlangsung lancar dan praktis meskipun nominalnya sangat besar. Butuh waktu cukup lama untuk mengembalikan kepercayaan calon pelanggan terhadap transaksi e-commerce.

Omzet Bisnis Online Menurun

Jika masyarakat mengalami krisis kepercayaan terhadap keberadaan online shop, tentu saja hal tersebut bisa mempengaruhi omzet bisnis online. Omzet bisnis online rentan menurun kalau banyak orang menjadi korban penipuan OSAL. Masyarakat akan lebih memilih berbelanja langsung untuk menghindari risiko penipuan OSAL yang marak terjadi.

Transaksi Online via Marketplace Juga Menurun

Bukan hanya online shop yang mengalami imbas negatif akibat OSAL. Marketplace juga akan mengalami dampak serupa. Transaksi online di marketplace akan menurun jika kepercayaan masyarakat terhadap e-commerce sedang terganggu.

Secara tak langsung, hal tersebut juga akan mempengaruhi pendapatan dan popularitas marketplace sebagai tempat belanja online yang aman.

Harus Melakukan Proses Edukasi tentang E-Commerce

Demi meminimalkan dampak negatif OSAL, proses edukasi tentang e-commerce harus dilakukan secara gencar. Bukan hanya pihak marketplace dan online shop yang mesti melakukannya.

Pemerintah pun harus berpartisipasi dalam proses edukasi tersebut. Karena penipuan yang dilakukan OSAL juga berdampak pada pemasukan negara yang berasal dari pajak bisnis. Butuh kerja sama yang solid dari berbagai pihak untuk memerangi dampak buruk OSAL di tanah air.

Agar Tidak Tertipu dengan Online Shop Abal-Abal

Bagaimana agar Anda tidak tertipu dengan online shop abal-abal? Antijobless akan memberikan tips penting bagi Anda agar tidak mudah tertipu dengan online shop.

Lakukan Review

Masyarakat sudah melek teknologi, banyak orang yang menyampaikan kekesalannya di media sosial maupun melalui forum di dunia maya. Cara ini pun yang kadang dilakukan oleh orang-orang yang kecewa saat mereka belanja online.

Jika Anda ingin belanja online, Anda bisa mencoba untuk melakukan review terhadap online shop tempat Anda belanja. Jika online shop hanya berjualan di sosial media, Anda bisa cek comment-comment dari para konsumen. Apakah komentar tersebut negatif ataupun positif.

Barang Terlalu Murah

Online shop tersebut menampilkan barang murah? Waspadai! Ini adalah salah satu kedok OSAL dalam menipu calon pelanggan. Karena mereka tahu kalau orang Indonesia sangat suka dengan produk-produk murah, cara ini suka dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Anda patut waspada jika barang yang ingin Anda beli dari online shop tersebut harganya terlalu murah. Coba bandingkan produk sejenis dengan online shop lain untuk menghindari penipuan. Cara ini cukup ampuh untuk menghindari dampak OSAL bagi e-commerce di Indonesia.

Deskripsi Produk

Bagaimana deskripsi produknya? Apakah produk tersebut menampilkan deskripsi yang terlalu greget untuk memancing calon pembelinya? Jika deskripsi produk menerangkan berbagai penawaran yang tidak biasa, maka Anda wajib tinggalkan online shop tersebut.

Itulah cara termudah untuk menghindari penipuan saat belanja online di internet. Dengan kehatia-hatian, Anda bisa lebih cermat dalam belanja online. Bagi pebisnis, jangan sampai karena produk murah untuk keperluan bisnis, malah modal Anda yang melayang.

Bukan hanya cara meningkatkan omset bisnis saja yang patut diperhatikan para pebisnis online. Memerangi OSAL memang penting. Namun, memperbaiki sistem internal bisnis juga penting. Penggunaan software laporan keuangan yang canggih harus menjadi bagian dari perbaikan sistem bisnis Anda.

Sekarang, Anda bisa menggunakan Accurate Online yang canggih untuk bisnis online Anda. Fitur-fitur laporan keuangan pada software Accurate Online akan membantu Anda mengurus keuangan bisnis secara praktis dan sistematis. Otoritas untuk mengakses data-data keuangan bisa ditetapkan sesuai dengan kewenangan pada bisnis. Sehingga keamanan data internal Anda akan terjaga dengan baik. Proses pembuatan laporan keuangan, urusan aset bisnis, persediaan barang, dan hal-hal penting lainnya dapat diselesaikan dengan cepat dan akurat.

Apa lagi sekarang Accurate Online sudah terintegrasi dengan tiga marketplace di Indonesia. Integrasi ini tentunya memudahkan penjual di marketplace dalam melakukan input data penjualan ke sistem keuangan tanpa harus mencatat ulang.

Accurate Online siap menjadi solusi bagi urusan finansial bisnis online Anda. Mari menyiapkan sistem internal yang berkualitas untuk mendukung perkembangan bisnis online di era modern.

GRATIS 30 HARI COBA ACCURATE ONLINE

Cobain #AccurateOnlineAja ! Cuma Rp 6000,- per hari kamu bisa cek laporan keuangan kamu kapan aja, dimana aja!
Rp. 6000,- per hari masih kemahalan?

Nih aku kasih GRATIS 30 Hari pertama buat kamu di link :

 http://bit.ly/coba30hari-aolgratis
Untuk pembelian aktivasi license Accurate Online silahkan klik link sbb :

 bit.ly/aktivasi-license-aol

Yang sudah coba trail Accurate Online, akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp. 600.000;

Jika akan melakukan pembelian aktivasi license Accurate online sekarang juga.

Ayo Buruan sebelum, waktunya habis yah gaess !!

#Promo/Diskon sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan.
#lebihcepataccurate


Berita Terbaru
PENGGUNA ACCURATE