ACCURATE BUSINESS CENTER KEMAYORAN 

 

 

Telp. 021 - 2937 1464 / 65

Team Marketing
  •  Agus

          085 777 555 721 

          085 777 555 721

  •  Arika     ​

          0856 9482 1700

          0812 9493 0813

  •  Dewi 

          0878 7210 7373

          0813 5490 8290

  •  Raymond

          0856 9771 4094 

          0856 9771 4094

  •  Rizal

          0812 1383 4578 

          0857 1744 3233

 

 

 

Informasi
Produk Kami
Manual Book Accurate Online

Berita-berita - Bangun Usaha Agribisnis dengan 5 Tips Mujarab
  23 Jan 2019

Bangun Usaha Agribisnis dengan 5 Tips Mujarab ala Antijobless

Bisnis merupakan salah satu sektor yang mampu menunjang perekonomian bangsa. Karena itulah, sekarang banyak sekali dorongan kepada masyarakat Indonesia untuk menciptakan lapangan kerja dengan berbisnis. Salah satu bisnis yang sesuai dengan negara Indonesia adalah usaha agribisnis.

Agribisnis adalah bidang yang berhubungan dengan kegiatan pertanian, budidaya, maupun peternakan. Bidang ini sangat potensial dilakukan di wilayah pedesaan. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan di wilayah perkotaan dengan sistem hidroponik yang banyak diterapkan di kota-kota besar.

Bahkan saat ini tanaman agrbisnis lebih banyak pada tanaman sayuran. Dengan hasil yang tidak berbeda dengan tanaman sayuran dari tanah. Ini pun bisa dijadikan salah satu usaha agribisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Usaha agribisnis cukup menjanjikan, namun banyak pula yang belum berani menekuninya. Sebab agribisnis membutuhkan pengetahuan khusus yang tidak semua orang bisa menjalaninya dengan telaten.

Nah, bila Anda sudah terjun dalam bisnis ini, tak perlu khawatir. Anda pasti bisa terus maju jika dibarengi dengan kerja keras dan pantang menyerah. Upgrade selalu ilmu Anda tentang agribisnis agar mendapatkan teknik bisnis yang sukses.

Tidak luput, tim Antijobless akan memberikan kepada Anda semua tips berbisnis agribisnis yang bisa diterapkan dimana saja dengan media tanam apa saja.

5 Tips Menjajal Usaha Agribisnis

Sebuah bisnis tentu tak dapat sukses begitu saja, Anda harus bisa menemukan tips-tips khusus untuk membuatnya berhasil. Berikut ini tips menjalankan usaha agribisnis agar sukses.

1. Memilih Aspek Agribisnis Sesuai Minat dan Kemampuan

Tips pertama yang harus Anda catat adalah dalam pemilihan aspek agribisnis. Usaha agribisnis tidak hanya tentang produksi bahan pangan saja, melainkan ada beberapa aspek lain seperti pemasokan energi, teknologi pangan, farmasi, maupun budidaya hewan atau tanaman untuk dijual kembali. Sebagai permulaan, pilihlah aspek yang paling Anda minati.

Misalnya Anda lebih menyukai budidaya tanaman non pangan, seperti bunga atau tanaman hias lainnya. Silahkan pilih aspek tersebut agar usaha atau bisnis Anda dapat dijalankan secara optimal. Paling tidak Anda memiliki ketertarikan pada bidang tersebut, sehingga jalan ke depan pasti lebih mudah.

2. Menanam Dengan Teknik Hidroponik

Bagi Anda yang tidak mempunyai cukup lahan untuk ditanam, maka teknik hidroponik ini bisa menjadi solusinya. Hydro pada kata hidroponik artinya adalah air, jadi Anda akan menanam tanaman melalui media air, bukan tanah. Apakah cara ini bisa menumbuhkan tanaman? Tentu saja. Bahkan teknik ini sudah cukup terkenal dan banyak pihak yang tertarik mencobanya.

Anda tidak memerlukan tanah lagi sebagai media. Sehingga teknik ini sangatlah efektif untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas. Namun memang tidak semua tanaman bisa dibudidayakan dengan teknik ini. Biasanya teknik ini lebih sering digunakan untuk menanam sayur-sayuran maupun buah-buahan.

3. Menanam Bahan Pangan dengan Organik

Sekarang ini banyak masyarakat Indonesia yang sudah semakin sadar dengan kesehatan tubuh. Mereka berusaha menghindari makanan-makanan yang dapat memicu berbagai penyakit hingga komplikasi. Untuk mendukung kesehatan tubuh, banyak pula yang lebih tertarik dengan sayur-sayuran maupun buah-buahan yang ditanam dengan cara organik.

Teknik ini memang tidak mudah dilakukan. Tapi Anda bisa menjadikannya sebagai prospek yang bagus, sebab harga tanaman organik cenderung lebih mahal daripada tanaman biasanya. Karena tanaman organik tidak melibatkan bahan kimia apapun dan perawatannya cukup rumit. Anda membutuhkan ilmu-ilmu tambahan untuk bisa mempraktekkan penanaman secara organik.

4.  Memanfaatkan Media Tanam yang Ada di Sekitar

Tips ini berlaku bagi Anda yang mempunyai barang-barang bekas namun tidak terpakai. Banyak orang yang membuang barang-barang bekas mereka dan menumpuk menjadi sampah.

Apalagi kalau barang-barang tersebut sulit diuraikan. Anda bisa  membuat barang-barang bekas tersebut sebagai media tanam. Sebut saja botol-botol plastik maupun kaleng bekas, pipa tak terpakai atau gelas bekas.

Hal ini juga akan memberikan dampak positif pada penggunaan lahan. Mungkin lahan Anda sempit, namun masih ingin menambah tanaman. Cara ini bisa digunakan dengan menggantung media-media tanam tersebut. Anda tidak membutuhkan lahan tambahan jika menanam tanaman dengan cara digantung.

5. Menanam dengan Cara Vertikultur

Tips usaha agribisnis terakhir yang bisa dimanfaatkan bagi Anda yang mempunyai lahan terbatas adalah menggunakan cara vertikultur untuk menanam. Vertikultur adalah sebuah teknik dimana penanaman dilakukan dengan penyusunan secara vertikal, sehingga lebih efektif dan efisian. Media tanam yang biasanya digunakan adalah bambu, kayu, maupun pipa.

Susunan ini tentunya dapat mencakup produksi lebih banyak serta tanaman yang bervariasi. Biasanya cara ini juga diterapkan untuk budidaya bahan pangan berupa sayur-sayuran maupun buah-buahan. Misalnya sawi, tomat, terong, seledri maupun bayam. Dari segi visual pun teknik ini dapat membuat kesan yang lebih rapi dan indah.

Apapun jenis usaha agribisnis yang Anda pilih, pastikan untuk menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Kalau perlu sering-seringlah mengikuti pelatihan atau berkunjung langsung ke petani yang sudah sukses. Supaya mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru langsung dari ahlinya.

Selain sering-sering berkunjung ke para petani sukses, Anda juga tidak boleh menyepelekan aspek keuangan. Mengapa? Penting untuk ke depannya. Nah untuk pencatatan  keuangan Anda serahkan saja kepada Accurate Lite. Accurate Lite platform pembukuan yang bisa Anda gunakan untuk usaha agribisnis Anda.

Dengan Accurate Lite, Anda bisa memiliki pembukuan usaha yang mudah tanpa ribet mengatur pencatatan. Ketika Anda membeli bibit, pupuk, dan peralatan tanaman lainnya bisa Anda catat pada Accurate Lite. Sehingga Anda bisa fokus untuk pengembangan bisnis lainnya. Gak perlu takut lagi, coba Accurate Lite Gratis 30 hari disini.

COBA GRATIS 30 HARI ACCURATE ONLINE Silahkan Klik Gambar Diatas, Tanpa Komitmen Apapun loh !!

 


Berita Terbaru
PENGGUNA ACCURATE